Jangan Keliru, Ini Cara Pasang Antena Digital Indoor yang Benar

Era siaran TV digital di tanah air sudah dimulai sejak tahun 2021. Pemerintah telah menetapkan aturan penghentian siaran TV analog di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya mulai tanggal 2 November 2022. Hal tersebut sebenarnya bukan masalah besar bagi Anda yang sudah memiliki TV digital atau perangkat Set Top Box (STB). Secara keseluruhan, pengoperasian TV digital sama dengan TV analog, termasuk cara memasang antena digital.

Cara pasang antena TV digital indoor sangat mudah sehingga bisa dilakukan secara mandiri. Jika Anda sudah memiliki atau berencana membeli TV digital dalam waktu dekat, maka sebaiknya Anda menyiapkan antena TV digital sebagai pelengkap. Antena TV digital yang berkualitas akan membantu menangkap sinyal digital secara maksimal sehingga dapat menampilkan tayangan yang jernih. Mari kenali kelebihan dan cara memasang antena TV digital indoor melalui ulasan berikut ini supaya Anda semakin yakin menentukan pilihan.

Kelebihan Antena TV Digital Indoor

Penggunaan antena indoor sudah sejak lama menjadi pilihan mayoritas masyarakat tanah air. Itulah sebabnya, migrasi ke siaran TV digital tidak berdampak pada kebiasaan menggunakan antena TV indoor. Beberapa kelebihan antena TV digital indoor yang penting untuk mendukung kualitas tayangan TV di rumah Anda adalah sebagai berikut:

  • Proses pemasangannya praktis karena tidak perlu dilakukan di luar rumah.
  • Risiko korsleting akibat faktor eksternal (benang layangan tersangkut, hujan deras, dan petir) sangat kecil dibandingkan antena outdoor.
  • Perbaikan posisi antena jika TV tidak menerima sinyal secara maksimal sangat mudah dilakukan.
  • Gampang dibersihkan secara rutin tanpa mengganggu kualitas siaran TV.

Cara Memasang Antena Digital Indoor

Setelah mengenal beberapa kelebihan antena TV indoor, sekarang saatnya Anda mempelajari cara pasang antena TV digital indoor agar bisa lekas menikmati tayangan TV favorit di rumah:

  • Mengatur Arah Antena yang Tepat

Hal pertama yang mesti Anda lakukan saat mempraktikkan cara memasang antena TV digital indoor adalah mengatur arah yang tepat. Letakkan antena pada satu posisi lalu periksalah semua siaran TV digital. Pastikan bahwa seluruh saluran TV Anda sudah menampilkan gambar dan suara yang jernih. Jika masih ada saluran TV yang tayangannya tidak muncul, berarti Anda harus mengubah arah antena. Lakukan secara perlahan-lahan hingga saluran TV menampilkan kualitas tayangan yang Anda inginkan.

  • Meletakkan Antena pada Posisi yang Lebih Tinggi

Semakin tinggi posisi antena TV indoor yang Anda pasang, maka semakin baik pula kualitas tayangan yang didapatkan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berusaha agar posisi antena lebih tinggi daripada TV. Anda juga bisa meletakkan antena indoor pada langit-langit rumah (plafon) bila posisi tersebut menghasilkan kualitas tayangan yang jernih pada semua saluran TV. Selain menangkap sinyal TV digital secara maksimal, peletakan antena di langit-langit rumah juga membuat interior ruangan tetap menarik sekaligus melindungi antena dari perubahan cuaca.

  • Memasang Antena di Dekat Jendela

Cara memasang antena digital indoor selanjutnya yang bisa Anda coba di rumah adalah meletakkannya di dekat jendela. Antena TV digital akan menangkap sinyal secara maksimal jika tidak terhalang tembok atau benda lainnya. Jika Anda meletakkan TV di sekitar jendela, maka tak ada salahnya memasang antena dekat jendela. Setelah memasang antena TV dekat jendela, pastikan bahwa arah antena sudah tepat agar bisa menghasilkan kualitas tayangan yang baik.

  • Menggunakan Perangkat Booster

Kalau Anda sudah melakukan cara pasang antena tv digital indoor yang tepat tetapi tetap kewalahan dengan kualitas tayangan yang buruk, mungkin sudah waktunya Anda menggunakan perangkat booster. Booster penguat sinyal TV mampu memperkuat sinyal yang lemah sehingga TV dapat menampilkan kualitas tayangan yang jernih. Sekarang, Anda tak perlu repot membeli booster secara terpisah sebab ada berbagai produk antena TV digital indoor yang sudah dilengkapi booster.

  • Merapikan Kabel Antena

Jika pemasangan antena TV digital dan perangkat booster sudah selesai, jangan lupa merapikan kabel-kabelnya secara cermat. Gulunglah kabel antena lalu buatlah simpul dengan pengikat khusus (cable tie) agar tidak berantakan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan klem untuk menempelkan kabel pada permukaan dinding. Meskipun sederhana, proses ini tak boleh diabaikan supaya tampilan TV digital dan antena tetap rapi meskipun Anda menggunakan antena indoor.

Memilih TV digital dan antena indoor harus dilakukan secara teliti untuk menunjang kebutuhan hiburan Anda di rumah dalam jangka panjang. Bila saat ini Anda sedang mencari TV digital berkualitas, Android Smart TV AQT65S5UG dari AQUA Elektronik bisa menjadi salah satu referensi terbaik. Seri TV persembahan AQUA Elektronik tersebut memiliki beberapa fitur unggulan, yakni:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

HQLED: Teknologi TV LCD warna yang disempurnakan dengan presisi, menyajikan lebih banyak level warna. Kontrol kecerahan yang tinggi menciptakan tingkat warna yang halus.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Bezel Less: bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda menonton tayangan TV secara nyaman tanpa gangguan.

Jadi, tunggu apalagi? Dukung kenyamanan menonton siaran digital di rumah dengan Android Smart TV AQUA Elektronik dan rasakan pengalaman hiburan yang menakjubkan. Segera dapatkan TV kualitas terbaik ini di Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003