Cara Memilih AC Low Watt yang Tepat Untuk Anda

Apakah sobat AQUA Elektronik sedang terpikir untuk membeli penyejuk ruangan baru? AC 1 PK mungkin bisa menjadi salah satu pilihanmu . Jika kamu sedang dipusingkan oleh berbagai pilihan AC hemat listrik atau low watt yang tersedia di pasaran, ditambah lagi berbagai fitur yang masing-masing unit tawarkan yang kamu sendiri tidak yakin apakah perlu atau tidak. Untuk memastikan sobat AQUA Elektronik tidak salah dalam memilih AC baru, cukup perhatikan empat hal berikut untuk mempermudah pilihan kamu.

Kenapa Harus Memilih AC Low Watt

Pilih tipe standard, low watt atau inverter?

Jika sobat AQUA Elektronik memilih AC split, akan ditawarkan tiga tipe, yaitu standard, low watt dan inverter. Pada dasarnya tipe standar dan low watt hampir sama, hanya saja pada tipe AC low watt penggunaan daya pada kompresor dikurangi supaya lebih hemat energi. Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil.

Berbeda dengan AC tipe inverter dimana unit tersebut akan bekerja amat keras pada saat dinyalakan untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu sesuai pengaturan, baru unit akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

Oleh karena itu, AC jenis inverter tidak terlalu disarankan untuk mereka yang hanya menggunakan AC untuk periode waktu singkat (2-3 jam) atau jika pintu ruangannya sering dibuka tutup. Jika AC digunakan untuk keperluan rumah, tipe standard atau AC low watt mungkin adalah pilihan terbaik untuk kamu, sementara inverter lebih cocok untuk keperluan mendinginkan ruang kantoran.

Setelah menentukan tipe AC yang sesuai, selanjutnya, Dalam memilih pendingin ruangan, hal pertama yang harus anda cari tahu adalah berapa PK yang dibutuhkan. Jika memilih AC dengan PK yang kurang besar tidak terasa dingin dan sebaliknya, jika menggunakan yang PK-nya terlalu besar dapat mengakibatkan ruangan jadi terlalu dingin dan boros listrik

Tentukan Daya Pendingin Ruangan Yang Tepat

Untuk menentukan PK yang tepat, Sobat AQUA Elektronik dapat menggunakan rumus berikut:

BTU = Luas Ruangan dalam m2 x 500

Dari rumus tersebut, kita akan memperoleh angka BTU, yaitu British Thermal Unit. Hasil perkalian dapat dicocokkan dengan daftar di bawah untuk menentukan ukuran PK yang tepat.

  • ½ PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 10m2)
  • ¾ PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 14m2)
  • 1 PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 18m2)
  • 1 ½ PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 24m2)
  • 2 PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 36m2)

Karakter AC Low Watt Yang Bagus

Kehadiran produk pendingin ruangan yang dibekali fitur hemat listrik tentu menjadi angin segar bagi pengguna elektronik satu ini. Karena AC merupakan peralatan elektronik yang membutuhkan listrik, maka dengan adanya penambahan AC menyebabkan tagihan listrik membengkak dan tentunya pilihan ini menjadi jembatan untuk berhemat. Namun jangan asal memilih AC hemat energi saja melainkan perlu memastikan mutunya memang bagus. Berikut adalah karakteristik AC yang berdaya rendah namun tetap memiliki kualitas bagus:

  • AC Aqua Elektronik memiliki fitur low voltage. Yang membuat kompresor dapat beradaptasi di daya listrik yang rendah dan sistem pendinginan yang dioptimalkan, sehingga konsumsi listrik berkurang 40% dibandingkan model standar
  • Material penyusun AC selain terlihat bagus juga kokoh sehingga tidak mudah rusak untuk pemakaian jangka panjang. Semua produk Aqua Elektronik sudah menggunakan lapisan Blue Find and PureChopper yang mampu meningkatkan efektivitas pendinginan sampai dengan 25% dan rata - rata kinerja pendinginan meningkat 3% dibandingkan dengan non Blue Fin. Lapisan Blue Fin juga mampu mencegah kerusakan unit dari korosi dan karat.
  • Lebih Cepat Dingin. Dengan fitur Big Blade & Long Distance memungkinkan penggunaan ac indoor ditingkatkan kinerjanya dengan motor yang dioptimalkan. Kipas yang lebih panjang dan besar sehingga mampu mendinginkan ruangan secara cepat dan menghembuskan udara yang kuat dengan jarak maksimal.

Keunggulan AC Low Watt

Kami lebih menyarankan untuk menggunakan AC low watt karena waktu penggunaan yang singkat. Karena singkatnya waktu penggunaan tersebut, maka besar akan memakan biaya listrik yang cukup besar pula setiap kali dinyalakan. Selain itu, dengan memilih AC rendah watt dapat membuat tegangan listrik lebih stabil dan lebih aman. Harga yang ditawarkan oleh AC ini juga biasanya lebih murah dibandingkan dengan AC Inverter ataupun AC Standard pada umumnya. Sehingga biaya tagihan listrik juga jadi lebih irit setiap bulan.

Kendala Umum Yang Terjadi Pada AC Low Watt

Pahami beberapa kendala umum yang mungkin terjadi pada AC low watt seperti :

1. AC Tidak Dingin

Ac tidak dingin sesuai suhu yang diinginkan dapat disebabkan beberapa hal, seperti pada perhitungan luas ruangan dengan daya AC ½ atau 1 PK. Bisa jadi tidak dinginnya AC dapat disebabkan oleh ruangan yang terlalu besar dan kapasitas kekuatan AC tidak dapat meng-cover seluruh suhu ruangan. Sehingga kita berasumsi bahwa AC bermasalah.

2. Waktu Pendinginan Yang Lebih Lama

Jika dibandingkan dengan AC inverter maupun AC standard, maka kemampuan untuk mendinginkan ruangan tentu berbeda. Karena daya listrik dan tenaga AC yang lebih kecil. Maka umumnya AC low watt membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat melakukan proses pendinginan seluruh ruangan. Namun, jangan khawatir karena ini merupakan hal yang wajar dan dapat diterima. Mengingat setiap produk memiliki berbagai kelebihan dan kekuranangan

Fitur Tambahan

Kemajuan teknologi mengharuskan setiap barang elektronik dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin kompleks, tak terkecuali untuk pendingin ruangan atau AC. Sekarang AC hadir dengan berbagai macam fitur guna menarik pembeli. Seperti teknologi inverter yang dapat menghemat penggunaan listrik sehingga. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah perlukah kamu membeli AC opsi fitur yang tampaknya canggih, tapi belum tentu kita gunakan, sebaiknya fokus cari AC dengan fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap. Tentu ruangan akan terasa lebih nyaman jika selain dingin udaranya juga segar.

Sekarang sobat AQUA Elektronik sudah tahu apa yang perlu diperhatikan saat memilih AC, khususnya saat memilih AC low watt ½ dan 1 PK atau lebih, kita harap jangan salah beli. AC low watt dari AQUA Elektronik jelas menawarkan fitur yang kamu perlukan, ada beberapa seri yang dapat Anda pilih yakni AQA-KCR5ANC dan AQA-KCR9ANC langsung saja lihat daftar produk yang tersedia ya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003