Cara Mengeringkan Baju dengan Cepat, Bahkan saat Musim Hujan!

Hujan merupakan salah satu bentuk rahmat bagi umat manusia. Namun tidak dapat dipungkiri juga, kalau musim hujan memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah baju yang tidak cepat kering bahkan ketika sudah dijemur di bawah terik matahari sekalipun.

Tidak hanya dapat membuat baju terasa basah saat dikenakan, hal ini juga bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur di baju dan baju akan berbau apek. Untuk mengatasinya, berikut ini cara mengeringkan baju dengan cepat musim hujan:

1. Manfaatkan Mesin Pengering

Salah satu cara mengeringkan baju dengan cepat adalah dengan memaksimalkan penggunaan mesin pengering yang saat ini sudah ada di setiap produk mesin cuci. Namun umumnya, mesin pengering ini hanya bermanfaat untuk mengurangi kadar air dalam pakaian, sehingga sedikit banyak pakaian tetap harus dijemur di bawah matahari lagi.

Selain itu, menggunakan mesin cuci dan mesin pengering juga harus dengan benar. Sebab apabila tidak, baju Anda bisa robek dan mesin yang Anda gunakan bisa rusak.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena kalau Anda mengeringkan baju dengan AQUA FQW-1160DF , baju tidak akan kusut apalagi merusak mesin cuci. Sebab, produk ini dilengkapi dengan DDI Inverter dan uap hangat yang dapat membuat getaran mesin cuci tidak membuat bising dan membuat pakaian tidak kusut.

Lebih kerennya, AQUA FQW-1160DF juga bisa dihubungkan ke smartphone karena memiliki fitur WIFI Haismart. Jadi, Anda bisa dengan mudah memonitor cucian, meskipun sedang sibuk sekalipun.

2. Peras Pakaian Kuat-Kuat

Jika Anda tidak mencuci pakaian menggunakan mesin, maka cara mengeringkan baju dengan cepat tanpa mesin cuci adalah dengan peras baju tersebut kuat-kuat. Pastikan air yang menetes dari baju sudah maksimal.

Supaya pakaian tidak kusut, Anda bisa menggunakan hanger untuk menjemur pakaian tersebut dan sebelum dijemur, pastikan Anda sudah mengibaskan baju tersebut sekuat mungkin, sehingga lipatan-lipatan yang ada di dalamnya bisa terurai dengan lebih mudah.

3. Jemur di Ruangan yang Tepat

Tips cara mengeringkan baju dengan cepat musim hujan yang selanjutnya adalah dengan menjemurnya di ruangan yang tepat. Tidak hanya luas, pastikan ruangan tersebut juga memiliki ventilasi udara, jendela dan kapasitas pencahayaan yang memadai, sehingga meskipun di luar sedang hujan, pakaian Anda tetap kering.

Supaya bisa kering maksimal dan tidak lembab, alih-alih langsung menjemurnya di ruangan begitu selesai dicuci, Anda bisa menjemurnya di ruang terbuka terlebih dahulu. Baru jika sekiranya langit sudah mendung, Anda bisa memindahkan cucian tersebut ke dalam ruangan. Jangan lupa juga gunakan hanger dan jemuran model stand supaya baju dapat dengan lebih mudah diatur dan jemuran dapat lebih mudah dipindahkan ke lokasi yang lebih teduh.

4. Jemur Pakaian Di Balkon

Anda tidak memiliki ruangan tutup yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau jendela yang memadai? Maka, Anda bisa menjemur pakaian tersebut di balkon atau teras rumah yang memiliki atap saja. Meskipun tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, namun pakaian yang dijemur di balkon akan terkena angin, sehingga lebih mudah kering. Hanya saja, pastikan Anda meletakkan jemuran tersebut sedikit jauh dari pinggir balkon atau teras, supaya cipratan hujan tidak mengenai pakaian tersebut.

5. Beri Jeda Antar Pakaian

Agar pakaian Anda cepat kering, berilah jeda sedikit antara pakaian tersebut. Tujuannya adalah supaya sirkulasi udara antar pakaian bisa lancar dan pakaian tidak lembab, kusut dan apek.

Lalu bagaimana jika pakaian yang Anda cuci banyak dan tempat untuk menjemurnya terbatas? Salah satu strategi yang bisa Anda coba adalah dengan mencuci sebagian pakaian secara mandiri dan mencuci sebagian lainnya dengan cara di laundry. Dengan demikian, meskipun cucian Anda cukup banyak, pakaian bisa tetap kering ketika dibutuhkan.

6. Menggunakan Kipas Angin

Cara mengeringkan baju tanpa sinar matahari yang ke-5 adalah dengan menggunakan kipas angin. Dengan menggunakan bantuan alat ini, Anda memang bisa mengeringkan baju dengan lebih cepat. Namun kekurangannya adalah, baju yang dikeringkan menggunakan kipas angin masih berisiko apek dan lembab. Untuk membantu mengatasi masalah ini, pastikan Anda mengeringkan baju tersebut di ruangan yang pas di atas supaya sirkulasi angin antara kipas dan angin di luar ruangan bisa lebih baik.

7. Menggunakan Lampu Bohlam Berwarna Kuning

Selain menggunakan kipas angin di dalam ruangan, Anda juga bisa memasang bohlam berwarna kuning di dalam ruangan pengering pakaian. Supaya hasil bisa lebih maksimal, letakkan pakaian yang akan dikeringkan tepat di bagian bawah bohlam, sehingga sinar lampu tersebut bisa secara langsung mengenai pakaian.

Lampu bohlam berwarna kuning seringkali memancarkan panas yang lebih besar dibandingkan bohlam berwarna putih, sehingga dapat membantu pakaian lebih cepat kering. Hanya saja memang biasanya, lampu jenis ini membutuhkan daya listrik yang lebih banyak.

8. Menggunakan Hair Dryer

Alat lain yang bisa digunakan untuk membantu mengeringkan baju ketika musim penghujan adalah hair dryer atau pengering rambut. Caranya adalah dekatkan alat ini dengan baju yang sudah setengah kering supaya uapnya bisa dapat dengan mudah masuk ke sela-sela baju. Hanya saja sama seperti kipas angin, mengeringkan baju menggunakan alat pengering rambut ini masih berisiko meninggalkan apek dan lembab. Selain itu, apabila dilakukan terus menerus, bisa jadi alat pengering rambut yang Anda gunakan justru akan rusak.

9. Menggunakan Setrika

Menggunakan hair dryer masih belum mempan? Maka, Anda bisa menggunakan alat yang lebih panas lagi, yaitu setrika. Sama seperti hair dryer, hindari menggunakan setrika sebagai cara mengeringkan baju dengan cepat malam hari jika baju masih benar-benar basah. Sebaliknya, coba keringkan baju dengan menjemurnya terlebih dahulu dan baru kalau sudah mendesak bisa menggunakan setrika.

Selain bisa meninggalkan bau apek dan basah (jika setrikanya tidak cukup panas), mengeringkan baju menggunakan setrika juga bisa merusak serat-serat kain dan membuat warna kain memudar lebih cepat. Belum lagi jika diterapkan terus menerus, setrika tersebut juga bisa lebih mudah rusak.

10. Jemur Di Ruangan Ber-AC

Percaya atau tidak, tapi menjemur baju basah di ruangan ber-AC juga dapat mengeringkan baju tersebut. Hal ini karena suhu dingin yang dipancarkan oleh AC dapat membantu mengurangi kadar air dalam kain, sehingga kain bisa lebih kering.

Akan tetapi memang menjemur pakaian di ruangan ber-AC ini tidak bisa insta, membutuhkan waktu semalaman, dan berisiko meningkatkan tagihan listrik. Namun, cara mengeringkan baju tanpa sinar matahari yang satu ini patut dicoba, khususnya jika hujan di luar rumah tidak juga berhenti.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan detergen dengan aroma yang cukup kuat dan detergen yang khusus dibuat anti bakteri. Tujuannya adalah supaya baju yang dikeringkan di dalam ruangan tetap tidak bau apek dan nyaman digunakan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003