Berapa Lama Freon AC Dapat Bertahan?

Sudah tahu freon AC tahan berapa lama? Simak infonya di sini serta ketahui gejala kebocorannya agar bisa lekas mengatasinya!

Kebersihan bukan satu-satunya kriteria ruangan nyaman dan sehat. Kondisi ruangan yang sejuk juga turut mendukung kenyamanan saat beraktivitas di tempat tersebut. Membahas soal ruangan sejuk, tentu tak lengkap rasanya tanpa menyebut Air Conditioner (AC).

Perangkat elektronik tersebut memang berperan penting dalam menyejukkan ruangan, terutama untuk ruangan dengan sistem sirkulasi udara kurang memadai. Pertanyaan seputar freon AC tahan berapa lama juga kerap dilontarkan banyak orang karena berkaitan dengan kesejukan yang dihasilkan AC.

Kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan bukan hanya dipengaruhi ukuran PK-nya, melainkan juga kandungan freon yang terdapat di dalamnya. Freon AC yang berkurang atau abis akan membuat AC gagal mendinginkan ruangan secara maksimal.

Oleh sebab itu, Anda patut mengetahui berapa lama freon AC dapat bertahan dan mengenali tanda-tanda kebocoran freon yang menyebabkan AC tidak dingin.

Freon AC Tahan Berapa Lama saat Digunakan?

Fungsi freon yang terdapat dalam AC tidak sama dengan fungsi bahan bakar kendaraan yang akan habis ketika kendaraan digunakan secara terus-menerus. AC beroperasi dengan sistem tertutup yang membuat freon bertahan lama.

Artinya, freon akan terus-menerus didaur ulang selama tidak terjadi kebocoran apa pun pada AC. Jika pemakaian AC sudah mencapai usia lima tahun ke atas, biasanya AC sudah mulai sedikit menguap tetapi tidak berkurang drastis sampai habis.

Teknisi yang mengatakan bahwa freon AC harus diisi secara berkala merupakan oknum yang sengaja mengambil keuntungan besar. Idealnya, teknisi langsung berbicara jujur seputar kebocoran yang mengakibatkan freon AC berkurang atau habis. Karena kebocoran tersebut harus lekas ditangani supaya freon tidak bocor terus-menerus hingga mesti diisi berulang kali.

Berapa Jumlah Tekanan Freon yang Ideal pada AC?

Kadar tekanan freon yang ideal pada AC turut dipengaruhi besaran PK. AC ½ PK butuh tekanan freon sebesar 60 hingga 70 psi, sedangkan AC ¾ hingga 1 PK butuh tekanan freon sebesar 80 hingga 90 psi. Selain besaran PK, kadar tekanan ideal pada AC juga dipengaruhi jenis freon yang digunakan.

Ada tiga jenis freon yang lazim digunakan untuk AC, yaitu R22, R32, dan R410A. Semakin tinggi cooling index suatu jenis freon, maka semakin cepat pula proses pendinginannya.

Jenis freon R32 memiliki cooling index paling besar dibandingkan sekaligus lebih ramah lingkungan dibandingkan R22 dan R410A. Karakteristik tersebut membuat freon R32 lebih direkomendasikan untuk AC.

Apa Ciri-Ciri Freon AC Bocor?

Selain mengetahui jawaban tentang freon AC tahan berapa lama, Anda juga patut memahami ciri-ciri freon AC bocor. Hal tersebut penting supaya kebocoran AC bisa lekas ditangani sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih serius.

Kondisi freon AC bocor biasanya ditandai beberapa ciri berikut ini:

  • Lampu indikator berkedip: salah satu ciri freon AC bocor yang jarang disadari banyak orang adalah lampu indikator timer berkedip. Bila Anda melihat kedipan pada lampu indikator, sebaiknya Anda lekas memeriksa tekanan freon AC.
  • AC tidak dingin: ciri paling umum yang pasti terjadi saat freon AC bocor adalah AC tidak dingin meskipun baru dicuci. Hal ini terjadi karena AC kekurangan freon yang bertugas menghasilkan udara dingin.
  • AC mengeluarkan hawa panas: tak hanya membuat AC jadi tidak dingin, kebocoran freon bahkan bisa membuat AC mengeluarkan hawa panas. Akibatnya, tubuh Anda terasa semakin gerah, terutama pada siang hari saat cuaca panas.
  • Bunga es menempel pada pipa AC: ciri freon AC bocor yang satu ini dapat diamati secara kasat mata. Anda tinggal melihat bagian pipa dan evaporator AC secara seksama. Kemunculan bunga es pada komponen tersebut bisa menjadi gejala kebocoran freon.
  • AC mengeluarkan suara berisik: suara AC yang berisik juga bisa menjadi pertanda bahwa freon AC mengalami kebocoran. Bahkan, bunyi yang dihasilkan akan semakin bising saat kandungan freon semakin menipis.
  • Tagihan listrik membengkak: gejala kebocoran freon juga sering diiringi dengan tagihan listrik yang membengkak. Masalah ini terjadi karena kompresor AC berusaha keras mendinginkan ruangan meskipun tekanan freon sudah berkurang. Kompresor yang bekerja tanpa henti membuat konsumsi daya listrik meningkat drastis.
  • Tubuh mengalami gejala keracunan: freon adalah zat kimia berwujud gas yang tidak berbau dan tidak berwarna. Ternyata freon juga bisa mengakibatkan keracunan jika terhirup dalam waktu lama.

Keracunan freon AC menimbulkan beberapa gejala, antara lain pusing, mual, sesak napas, serta iritasi pada mata, telinga, dan tenggorokan.

Jika AC yang sudah digunakan selama lebih dari 10 tahun mengalami kebocoran freon, alangkah lebih baik kalau Anda menyiapkan bujet untuk menggantinya. Sehingga nanti Anda tidak kerepotan menangani kebocoran AC yang terjadi berulang kali.

AQUA Elektronik punya rekomendasi produk AC berkualitas untuk Anda, yaitu AC Standard AQA-KCR5AHQ. AC berukuran ½ PK ini memiliki fitur Turbo Cooling yang membantu ruangan mencapai level suhu yang dipilih dalam waktu 5 menit.

Fitur Turbo Cooling AC ini juga dikombinasikan dengan Triple Air Flow yang mengalirkan udara secara lebih jauh, lebih cepat, dan lebih kuat.

Anda tak perlu khawatir dengan performa AC Standard AQA-KCR5AHQ dari AQUA Elektronik, karena kinerjanya stabil pada rentang voltase lebar antara 160 V sampai 242 V. Komponen evaporator dan kondensornya terdiri dari tembaga murni berlapis blue fin yang efektif mencegah kemunculan karat pada unit indoor maupun outdoor.

Merealisasikan ruangan yang sejuk dan nyaman jadi tak sulit lagi bila Anda menggunakan AC AQUA Elektronik. Suasana hati akan senantiasa baik dan produktivitas meningkat bila ruangan terasa sejuk.

Untuk dapatkan produknya, Anda bisa langsung membelinya melalui official store dari AQUA Elektronik sekarang juga.


Referensi:

abangbenerin.com/blog/harus-isi-freon-setiap-cuci-ac-benarkah-ini-faktanya/

binaindojaya.com/kapan-waktunya-tambah-freon-ac-dan-berapa-kisaran-harganya

binaindojaya.com/ketahui-tabel-tekanan-freon-r32-r22-dan-r410a

binaindojaya.com/mengenal-ukuran-tekanan-freon-ac-dan-tanda-freon-jika-sudah-habis

properti.kompas.com/read/2022/09/30/153000321/5-tanda-stok-freon-ac-anda-makin-menipis?page=all#page2

properti.kompas.com/read/2022/10/03/203000921/berapa-lama-stok-freon-ac-anda-dapat-bertahan-

selka.id/news/article/seberapa-sering-harus-isi-ulang-freon-ac-yang-bocor-/236

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003