Waspadai Overload Kulkas Rusak, Ini Ciri-cirinya!

Kompresor merupakan komponen paling familiar yang terdapat pada perangkat elektronik pendingin, termasuk kulkas. Fungsi kompresor memang penting untuk memompa freon (refrigerant) dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi agar menghasilkan suhu dingin. Kinerja kompresor tentu tak dapat dipisahkan dari komponen pendukung lain, salah satunya yaitu overload. Gangguan fungsi overload kulkas sering kali tidak disadari karena ciri-ciri overload kulkas rusak sangat mirip dengan kerusakan kompresor.

Jangan biarkan kerusakan overload terjadi berlarut-larut hingga mempengaruhi kinerja komponen kulkas lainnya. Kenali ciri overload kulkas rusak secara cermat agar Anda bisa lekas mengatasinya.

Apa yang Dimaksud dengan Overload Kulkas?

Overload (disebut juga relay overload) adalah komponen penting pada kulkas yang prinsip kerjanya menyerupai Miniature Circuit Breaker (MCB) listrik. Fungsi utama overload adalah mengontrol temperatur kompresor kulkas jika tegangan listrik tidak stabil. Ketika suhu kompresor terlalu panas, overload akan memutus arus listrik. Kemudian, arus listrik akan kembali tersambung jika suhu kompresor sudah kembali normal.

Pada umumnya, letak overload kulkas langsung menempel pada kompresor. Ada overload yang dilengkapi soket dan bisa lepas, tetapi ada pula yang diletakkan dengan sistem tanam langsung pada kompresor. Overload yang menempel tentu lebih mudah diganti daripada overload yang langsung ditanam pada kompresor. Namun, biasanya overload yang ditanam pada kompresor jauh lebih tahan lama dan jarang rusak dibandingkan overload yang ditempel.

Kompresor kulkas 1 pintu kerap menggunakan overload berukuran 1/8 HP, sedangkan kompresor kulkas 2 pintu menggunakan overload berukuran 1.6 HP. Ciri-ciri overload kulkas akan muncul ketika overload gagal memutus arus listrik pada kompresor secara otomatis.

Apa Saja Kerusakan yang Dapat Terjadi pada Overload Kulkas?

Beberapa kerusakan yang menyebabkan overload kulkas tidak dapat berfungsi normal, yaitu:

  • Keropos karena sering terkena panas sehingga aliran listrik terputus sampai komponen overload dan tidak dapat menghidupkan kompresor.
  • Platina atau bimetal pada overload kotor karena debu atau kotoran lainnya yang menempel. Akibatnya, arus listrik menuju kompresor jadi terhambat dan membuat kulkas tidak dingin.
  • Platina overload tidak dapat berfungsi normal karena faktor usia. Kerusakan ini membuat kompresor bekerja terus-menerus meskipun suhunya sudah sangat tinggi sehingga mesin kulkas seakan bekerja tanpa overload sama sekali.

Bagaimana Ciri-Ciri Overload Kulkas Rusak?

Kerusakan overload kulkas biasanya ditandai dengan beberapa ciri seperti berikut:

  • Kondisi kulkas mati karena elemen pengendali suhu tidak berfungsi secara normal. Hal ini bisa disebabkan debu dan kotoran yang menempel pada overload hingga menghambat arus listrik. Akibatnya, arus listrik tidak sampai ke kompresor dan membuat kulkas mati.
  • Kulkas tidak dingin sehingga kesegaran bahan makanan yang disimpan di dalamnya jadi terganggu.
  • Tegangan listrik yang mengalir pada kulkas menjadi tidak stabil. Bila dibiarkan begitu saja, gangguan ini akan turut mempengaruhi sistem kelistrikan kulkas secara keseluruhan.
  • Kompresor kulkas mengalami kerusakan karena bekerja tanpa henti. Kerusakan overhead kulkas biasanya sangat jarang disadari sehingga tidak terdeteksi sejak awal. Akhirnya, gangguan tersebut turut mempengaruhi kompresor hingga mengakibatkan kerusakan yang lebih serius.

Bagaimana Cara Mengatasi Overload Kulkas yang Rusak?

Komponen overload kulkas yang rusak harus lekas diganti dengan yang baru supaya tidak mempengaruhi kompresor. Jika Anda menemukan kondisi kulkas yang tidak dingin dibandingkan biasanya, maka hal tersebut harus lekas diatasi. Bergegaslah meminta bantuan teknisi yang ahli untuk memeriksa kondisi kulkas. Dengan demikian, kerusakan overload dapat segera terdeteksi dan diatasi.

Harga overload kulkas sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mengganti komponen tersebut. Sebaliknya, Anda harus mengeluarkan biaya pada kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah bila kerusakan pada overload telah menjalar hingga ke kompresor.

Kondisi kerusakan overload yang turut menyebabkan gangguan kompresor memang menjengkelkan dan menguras isi tabungan. Bila kulkas Anda sering mengalami kerusakan dalam beberapa tahun terakhir, berarti sudah waktunya Anda beralih ke kulkas baru yang lebih canggih. AQUA Elektronik mempersembahkan kulkas side by side seri AQR-605IG(GB) untuk memenuhi kebutuhan Anda.

  • Tidak seperti kulkas konvensional pada umumnya, kulkas berkapasitas 541 liter ini telah dilengkapi berbagai fitur canggih, yaitu:
  • Glass Door: bahan kaca berkualitas yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya bernuansa elegan.
  • Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.
  • Precise Multi Flow: mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan lemari es sekaligus menghemat konsumsi energi.
  • 900 Auto Suspension: pintu lemari es dapat dibuka hingga 900 tanpa perlu dipegang sehingga tangan bebas mengambil makanan.
  • Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.
  • Big Capacity: kapasitas kulkas cukup untuk menyimpan persediaan makanan untuk keluarga hingga satu minggu.
  • Adjustable Shelves: rak dapat disesuaikan sehingga mudah menyimpan barang berukuran besar.
  • Twist Ice Maker: mesin pembuat es batu yang tersedia sepanjang waktu sehingga Anda bisa menikmati minuman dingin sesering mungkin.
  • Cold LED: penerangan dingin yang menghasilkan sedikit panas tanpa variasi suhu saat menyala. Teknologi ini juga sangat efektif menerangi setiap sudut kulkas.
  • Twin Inverter: mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan sehingga kulkas cepat dingin dan stabil sekaligus menghemat listrik.
  • Masalah kerusakan kulkas tak akan mengganggu lagi bila Anda sudah memilih kulkas side by side seri AQR-605IG(GB) dari AQUA Elektronik. Selain mendukung kebutuhan rumah tangga Anda, seri kulkas AQUA Elektronik ini siap menyempurnakan suasana dapur dengan tampilan elegan bernuansa premium. Anda bisa mendapatkan kulkas berkualitas ini hanya di Official Store AQUA Elektronik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003