Begini Cara Setting Timer AC Agar Hemat Listrik

Memasang AC di rumah bisa meningkatkan kenyamanan. Namun, penggunaan AC sering kali dianggap memakan banyak energi listrik. Supaya tagihan listrik rumah Anda tidak membengkak, kini Anda bisa memanfaatkan fitur yang bisa menghemat penggunaan AC, yakni dengan cara setting timer AC.

Setiap produk AC pasti dilengkapi dengan remote. Fungsi remote AC bukan hanya untuk menyalakan dan mematikan AC. Lebih dari itu, remote AC memiliki tombol-tombol dengan berbagai fungsi lainnya.

Meskipun tampilan remote AC berbeda-beda sesuai dengan merknya, pada umumnya remote AC sama-sama memiliki display yang menampilkan pengaturan AC yang dapat disesuaikan dengan kemauan Anda. Misalnya, ada tombol untuk mengatur suhu, mode, dan timer.

Tombol-tombol pada remote AC akan memungkinkan Anda untuk mengaplikasikan berbagai fungsi. Selain untuk mematikan dan menyalakan AC, Anda juga bisa mengatur suhu, kelembaban udara, arah udara yang dihembuskan AC, lamanya AC dinyalakan, dan sebagainya.

Agar Anda dapat menggunakan AC secara optimal di rumah, Anda perlu memahami jenis-jenis tombol yang terdapat di remote AC beserta fungsinya. Beberapa tombol dirancang untuk memudahkan Anda dalam menggunakan AC serta membuat Anda lebih nyaman.

Tombol timer, misalnya, berfungsi mengatur berapa lama AC akan menyala. Jika tombol ini ditekan, Anda dapat menentukan berapa jam atau menit AC perlu menyala. Bila sudah mencapai durasi waktu yang ditentukan, AC akan mati dengan sendirinya. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mematikan AC lagi. Tombol ini membantu pemakaian AC menjadi lebih efisien sehingga penggunaannya jadi lebih hemat listrik.

Jadi, pastikan Anda tidak hanya mengetahui cara kerja tombol ON/OFF untuk menyalakan atau mematikan AC, ya! Ketahui juga fungsi tombol-tombol yang lain, termasuk cara setting timer AC, agar penggunaan AC di rumah dapat lebih optimal, nyaman, dan hemat listrik.

Fungsi Tombol-tombol pada AC AQUA Elektronik

Sebagai salah satu contoh merk AC ternama, Aqua Japan menyediakan berbagai fitur menarik yang tersedia pada remote AC-nya. Berikut ini beberapa fungsi tombol-tombol yang ada pada remote AC dari Aqua Japan. Yuk, simak infonya agar Anda dapat menggunakan AC Aqua Japan dengan lebih optimal!

Power

Tombol ini berwarna merah, berbeda dari tombol-tombol lain yang berwarna sama. Fungsi tombol power adalah untuk menyalakan dan mematikan AC.

TEMP

TEMP merupakan tombol yang melambangkan temperatur atau suhu. Tombol TEMP biasanya terbagi dua, yaitu panah atas dan panah bawah. Fungsi tombol TEMP adalah untuk mengatur suhu AC sesuai dengan keinginan Anda. Tombol panah atas untuk menaikkan suhu, sedangkan tombol panah bawah untuk menurunkan suhu.

Auto

Tombol ini berfungsi mengaktifkan kinerja fan secara otomatis di dalam ruangan. Sensor AC akan mendeteksi kondisi ruangan dan melakukan pengaturan secara otomatis. Saat udara sangat panas, maka auto mode akan membuat ruangan menjadi dingin. Sebaliknya, jika ruangan terlalu dingin, auto mode akan menaikkan suhu AC agar kesejukan berkurang.

Turbo

Tombol ini dapat mempercepat proses pendinginan udara dalam waktu singkat. Cukup tekan tombol turbo pada remote AC, dan AC akan mencapai besaran suhu dengan kecepatan maksimum.

Sleep

Tombol ini akan meredam suara AC sehingga ruangan jadi lebih hening. Fitur sleep bisa digunakan pada waktu tidur malam atau juga saat Anda sedang ingin bekerja dalam keadaan senyap.

Cool/Dry

Tombol cool dapat dipilih untuk mengaktifkan mode pendinginan udara. Namun jika Anda ingin mengoperasikan AC seperti kipas, gunakan tombol dry untuk mengalirkan angin.

Swing

Aliran udara yang keluar dari AC juga bisa diatur pergerakannya ke arah vertikal atau horizontal. Anda cukup menekan tombol swing pada remote AC AQUA untuk melakukannya.

Timer

AC AQUA dapat beroperasi secara otomatis berdasarkan jadwal yang diatur oleh penggunanya. Anda cukup menggunakan tombol timer pada remote untuk mengatur AC agar menyala dan mati sesuai waktu yang Anda inginkan.

Cara Setting Timer AC AQUA Elektronik

Fitur timer pada AC AQUA umumnya digunakan untuk mengatur penggunaan AC. Cara mengatur timer AC AQUA sangat mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya, begini cara setting timer pada AC AQUA Elektronik!

  • Menyalakan fitur timer

Pertama-tama, ketahui dulu letak tombol timer pada remote AC AQUA. Lalu arahkan remote ke AC dan tekan tombol ON pada timer sehingga indikator pada layar remote AC muncul.

  • Mematikan fitur timer

Cara mengatur timer AC AQUA, khususnya mematikan timer-nya, adalah dengan menekan tombol timer OFF sampai indikator pada layar remote menghilang. Ini tandanya fungsi OFF sudah tidak berjalan lagi.

AC Inverter AQA-KCRV6WP, Pilihan Tepat untuk Pemakaian Listrik yang Ekonomis

Penggunaan AC yang ekonomis dapat membuat pemilik rumah lebih tenang. Oleh karena itu, Anda bisa memilih AC Inverter AQA-KCRV6WP persembahan dari AQUA Elektronik yang mampu mengontrol perubahan suhu secara presisi dengan penghematan daya listrik hingga 63%.

AC ini juga dilengkapi fitur Eco Mode, yaitu teknologi manajemen energi yang efisien. Eco Mode memiliki 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160W untuk ½ pk. Kelebihan lainnya, ada fitur Aqua Fresh yang akan memastikan udara yang Anda hirup selalu bersih dan higienis.

Untuk informasi lebih lanjut seputar produk, Anda bisa mengunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003