Cara Mengatasi Lampu Kulkas yang Mati

Kulkas yang dirawat dengan baik dan rajin dibersihkan biasanya cenderung awet. Salah satu ciri kulkas yang awet di antaranya adalah jarang terjadi masalah dan fungsi pendinginannya pun dapat terus bekerja dengan baik. Namun, saat lampu kulkas mati, apakah itu tandanya kulkas bermasalah? Jawabannya bisa iya dan bisa juga tidak. Hal ini karena penyebab lampu kulkas mati ada bermacam-macam. Sebagian berhubungan dengan fungsi komponen pada kulkas, tetapi sebagian lagi tidak.

Fungsi Lampu Kulkas

Sekilas, lampu kulkas seperti tidak memiliki fungsi yang signifikan. Namun, bayangkan jika kulkas Anda tidak dilengkapi dengan lampu. Anda tentu akan kesulitan melihat atau memilih makanan dan minuman di dalamnya. Bahkan, Anda juga akan kesulitan menaruh atau menata bahan makanan karena tidak ada penerangan yang memadai.

Kulkas dirancang sebagai tempat penyimpanan makanan yang tertutup rapat dan tidak memiliki ventilasi sedikit pun. Dengan demikian, tidak ada cahaya dari luar yang bisa masuk, kecuali ketika pintu kulkas sedang dibuka. Desain seperti ini bertujuan mencegah udara luar yang panas masuk ke dalam kulkas dan memengaruhi suhu dingin yang dihasilkan oleh mesin pendingin kulkas. Oleh karena itu, lampu kulkas sebagai penerang kulkas jelas memiliki fungsi yang penting.

Itu pula alasan mengapa lampu kulkas dirancang untuk menyala saat pintu kulkas dibuka dan padam saat pintu kulkas ditutup. Tujuannya yaitu agar menghemat listrik sekaligus menjaga proses pendinginan kulkas.

7 Penyebab Lampu Kulkas Mati

Selain sebagai penerang kabin kulkas, lampu kulkas juga ternyata bisa menjadi indikator apakah kulkas berfungsi dengan baik. Saat lampu kulkas mati, bisa jadi ada komponen lain yang sedang bermasalah yang menyebabkan kulkas tidak dingin. Selain itu, bisa saja yang hanya bola lampu kulkas yang mengalami kerusakan sehingga tidak mengganggu proses pendinginan.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab lampu kulkas mati sekaligus beberapa cara memperbaiki lampu kulkas yang mati.

Kabel kulkas longgar

Mungkin kabel tidak sengaja tersenggol sehingga tidak menancap dengan sempurna ke sumber listrik. Selain itu, bisa jadi kabel sudah menancap dengan baik, tapi ternyata stopkontak yang mengalami masalah sehingga listrik tidak mengalir ke kulkas.

Cara perbaiki: Ganti stopkontak dengan yang baru.

Kabel kulkas rusak

Kabel kulkas biasanya rusak karena digigit tikus atau kabel tembaga di dalamnya mengalami korosi.

Cara perbaiki: Ganti kabel dengan kabel baru.

Lampu kulkas terbakar

Anda bisa memeriksa apakah lampu kulkas terbakar atau tidak dengan melepaskan lampu kulkas dari tempatnya dengan cara diputar. Kawat pijar dalam lampu yang terbakar akan berwarna hitam atau putus

Cara perbaiki: Ganti lampu dengan yang baru.

Switch door kotor atau macet

Cara untuk memeriksa kondisi switch door adalah dengan membuka pintu kulkas lalu tekan tuas switch door. Bila lampu tidak padam, kemungkinan switch door bermasalah.

Cara perbaiki: Tekan dan lepaskan switch door beberapa kali untuk melihat reaksi lampu kulkas. Jika area di sekitar switch door terlihat kotor, segera bersihkan. Namun, bila switch door ternyata rusak, maka perlu diganti dengan yang baru.

Relay rusak

Penyebab lampu kulkas mati yang lain adalah relay yang rusak. Relay terdapat di dalam kompresor. Anda bisa menggunakan obeng untuk membuka penutup di bagian samping kompresor lalu cabut relay-nya. Goyangkan relay beberapa saat. Jika terdengar suara aneh, berarti komponen itu sudah rusak.

Cara perbaiki: Ganti relay dengan yang baru.

Kompresor bermasalah

Kompresor terletak di bagian bawah belakang kulkas. Sentuh tabung kompresor untuk mengecek apakah ada getaran atau tidak. Jika Anda masih bisa merasakan getaran, berarti kompresor bekerja dengan baik. Sebaliknya, jika Anda tidak merasakan getaran, berarti kompresor bermasalah dan menjadi penyebab lampu kulkas mati.

Cara perbaiki: Panggil teknisi untuk memperbaiki motor kompresor.

Korsleting

Korsleting adalah terputusnya arus listrik, termasuk arus listrik yang menuju ke kulkas. Kulkas biasanya akan mati setelah terjadi korsleting karena sirkuit di dalam kulkas terputus.

Cara perbaiki: Panggil teknisi untuk mengecek kondisi kulkas secara keseluruhan.

Jika Anda sedang mencari kulkas dengan kualitas penerangan yang berbeda dari biasanya, Anda bisa mencoba Kulkas multidoor AQR-IM525AM(GB) persembahan AQUA Elektronik yang bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda. Beberapa fitur yang dimiliki dari Kulkas multidoor ini di antaranya sebagai berikut.

  • Cold LED
    Kulkas multidoor AQR-IM525AM(GB) dilengkapi dengan penerangan Cold LED, yaitu penerangan dingin yang hanya menghasilkan sedikit panas. Sistem penerangan ini akan menerangi seluruh sudut kulkas Anda.
  • Big Capacity
    Kulkas ini cocok bagi Anda yang sering menyimpan stok makanan hingga satu minggu ke depan. Dengan kapasitas yang besar, kebutuhan makanan keluarga Anda dalam satu minggu ke depan pun akan terjamin.
  • 90° Suspension
    Anda tidak perlu lagi memegang pintu kulkas ketika dibuka dengan lebar 90° sehingga Anda dapat bebas mengambil makanan dari dalam kulkas.
  • Digital Temperature Control
    Panel LED bagian luar kulkas ini dapat Anda sentuh untuk mengatur suhu di dalam kulkas.
  • Twin Inverter
    Makanan dan minuman yang disimpan dalam kulkas ini akan lebih cepat dingin berkat sistem kompresor dan kipas ganda yang juga dapat menghemat listrik di rumah Anda.
  • Precise Multi Flow
    Dengan teknologi hemat energi ini, distribusi udara dingin akan lebih tepat menyebar ke setiap lapisan kulkas.
  • T-Anti Bacteria
    Bersertifikasi VDE (Verband Deutscher Elektrotechniker) yang terbukti ampuh mencegah tumbuhnya bakteri dan kuman berbahaya

Jangan sampai kehabisan! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang untuk mendapatkan kulkas mewah untuk dapur indah ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003