Apa yang Menyebabkan Showcase Tidak Dingin?

Showcase adalah mesin pendingin yang kebanyakan digunakan untuk menyimpan dan menjual minuman dingin. Jika showcase tidak dingin, berbagai produk minuman yang disimpan di dalamnya bisa rusak.

Sekilas, showcase memiliki fungsi yang mirip dengan kulkas. Nyatanya, fungsi showcase sedikit berbeda jika dibandingkan dengan fungsi kulkas. Kulkas bisa mendinginkan dan membekukan minuman. Sementara itu, showcase hanya berfungsi mendinginkan minuman yang disimpan di dalamnya agar tetap segar dan siap untuk dikonsumsi kapan saja.

Bentuk showcase yang tinggi menyerupai kulkas, hanya saja pintu showcase terbuat dari kaca. Dengan demikian, calon pembeli bisa melihat isinya dari luar. Selain itu, bagian dalam showcase terdiri dari 2 sampai 4 rak susun yang tidak dilengkapi freezer. Agar minuman dan produk lain yang disimpan di dalam showcase tetap segar dan dingin, alat ini harus dinyalakan selama 24 jam nonstop.

Penyebab Showcase Tidak Dingin

Meski sudah dinyalakan selama 24 jam, ada kalanya suhu showcase menjadi tidak dingin. Hal ini bisa diketahui dengan memeriksa kondisi minuman di dalamnya yang tidak dingin atau bahkan rusak. Anda perlu segera cari tahu penyebab showcase tidak dingin agar dapat segera memperbaikinya.

Berikut beberapa hal yang kerap jadi penyebab showcase tidak dingin.

  • Tegangan listrik tidak stabil. Anda bisa menggunakan stabilizer siap pakai untuk membantu menjaga kestabilan tegangan listrik.
  • Pintu showcase tidak tertutup rapat. Meski terdengar sepele, tetapi hal ini sering terjadi. Sebaiknya cek secara berkala kondisi pintu showcase untuk memastikan pintu sudah tertutup rapat karena selalu ada saja pembeli yang tidak menutup kembali pintu showcase dengan rapat.
  • Showcase diletakkan rapat ke dinding. Bagian belakang showcase merupakan tempat komponen mesin utama. Mesin perlu sirkulasi udara yang baik agar dapat bekerja secara optimal. Sebaiknya letakkan showcase dengan jarak 10–20 cm dari dinding.
  • Posisi showcase terkena sinar matahari langsung sehingga menurunkan suhu dingin di dalam showcase. Sebaiknya letakkan showcase di area yang sejuk.
  • Peletakkan minuman atau makanan di dalam showcase terlalu rapat. Hal ini membuat tidak ada sirkulasi udara di kabin sehingga kerja kipas evaporator tidak maksimal. Beri jarak 2–5 cm antara produk satu dengan yang lainnya agar sirkulasi udara di dalam showcase dapat mengalir dengan baik.

Cara Memperbaiki Showcase Tidak Dingin

Jika Anda mendapati showcase tidak dingin, jangan langsung beranggapan alat itu rusak. Ada beberapa cara memperbaiki showcase tidak dingin yang bisa dilakukan sendiri. Simak tipsnya berikut!

Cek kompresor

Colokkan steker showcase ke sumber listrik. Putar termostat searah jarum jam sampai di mode cool. Gunakan tang atau klem Ampere untuk mengecek apakah kompresor berfungsi dengan baik atau tidak. Showcase tidak dingin, tetapi kompresor panas kadang menjadi penyebabnya. Jika kompresor dalam kondisi baik, tang Ampere akan menunjuk ke skala tertentu.

Cek kondensor

Jika kondensor berfungsi normal, suhunya akan terasa panas saat disentuh dengan tangan. Jika suhu kondensor tidak panas, berarti proses pendinginan showcase bermasalah.

Cek filter

Filter berada di bagian belakang showcase. Cek apakah suhu filter panas. Suhu filter yang tidak panas bisa jadi indikasi bahwa aliran freon tidak berjalan dengan baik.

Cek evaporator

Evaporator yang bekerja dengan baik akan terasa dingin dan lengket di tangan saat disentuh.

Cek blower

Pastikan blower fan di bagian kabin atau di dalam showcase dapat berputar dengan baik.

Cek fan pendingin kompresor

Fan atau kipas ini biasanya terletak di bagian samping kompresor. Cek apakah kipas berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak, efeknya yaitu proses pendinginan showcase jadi bermasalah.

Cek suhu di dalam showcase

Anda bisa menggunakan termometer untuk mengecek apakah suhunya sesuai dengan spesifikasi showcase yang Anda gunakan.

Memilih showcase memang tidak boleh sembarangan, apalagi setelah mengetahui berbagai penyebab showcase tidak dingin. Showcase yang ideal tidak hanya mampu memberikan suhu dingin secara konsisten, tapi juga bisa mencegah bakteri tumbuh yang berpotensi merusak minuman atau produk lain di dalamnya.

Kulkas Showcase Cooler AQB 305 AB persembahan dari AQUA Elektronik bukan hanya berfungsi mendinginkan minuman. Bagian dalam showcase ini diciptakan dengan material khusus yang dapat mencegah bakteri tumbuh. Dengan demikian, minuman dan makanan yang disimpan di dalamnya tetap higienis.

Beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Kulkas Showcase Cooler AQB 305 AB adalah sebagai berikut.

  • Anti Bacteria Technology
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bagian dalam showcase ini sudah menggunakan material khusus yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri sehingga makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya tetap higienis
  • Low-E Glass Door
    Kulkas Showcase Cooler AQB 305 AB memiliki fitur Low-E Glass Door yang mampu mengurangi sinar UV yang masuk. Dengan demikian, suhu di dalam showcase akan tetap terjaga dan lebih hemat energi.
  • Fast Cooling
    Showcase yang satu ini dilengkapi dengan kipas yang berukuran lebih besar. Proses penyebaran udara dingin di dalam showcase pun berlangsung lebih cepat sehingga makanan dan minuman di dalamnya akan lebih cepat dingin.
  • LED Interior Light
    Bagian dalam Kulkas Showcase Cooler AQB 305 AB juga dilengkapi dengan LED Interior Light yang hemat energi. Meski ruangan dalam keadaan gelap, Anda tetap dapat melihat bagian dalam showcase secara jelas. Hal ini didukung dengan fitur Anti Fog and Dew yang menjaga pintu kaca dari kabut dan embun. Dalam kondisi apa pun, minuman dan produk yang disimpan di dalam showcase akan terlihat dengan jelas.

Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik dan temukan info lebih lengkap tentang kulkas showcase cooler!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003