Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Dibandingkan mesin cuci 1 tabung, mesin cuci 2 tabung lebih dulu hadir membantu banyak keluarga Indonesia dalam kegiatan mencuci baju. Itu sebabnya, ada sebagian orang yang sudah terbiasa menggunakan mesin cuci 2 tabung lebih sulit berganti ke mesin cuci 1 tabung yang lebih canggih. Alasannya karena mereka sudah terbiasa dengan penggunaan dan cara membersihkan mesin cuci 2 tabung.

Karena dilengkapi 2 tabung, ukuran mesin cuci ini umumnya lebih besar dibandingkan mesin cuci 1 tabung. Setiap tabung memiliki fungsinya sendiri, satu untuk pencucian dan satu lagi untuk pengeringan. Ukuran tabung pencucian biasanya lebih besar dibandingkan tabung pengeringan.

Sama seperti benda elektronik lainnya, mesin cuci 2 tabung juga perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin. Berikut contoh masalah yang bisa muncul pada mesin cuci 2 tabung:

  • Mesin cuci terus mengeluarkan air, pertanda seal pembuangan bermasalah, misalnya kotor, sobek, atau terganjal benda kecil yang terbawa oleh pakaian yang dicuci.
  • Pengering tidak bisa berputar, biasanya karena ada kabel yang putus akibat dimakan tikus.
  • Tali rem pengering putus karena dimakan tikus.
  • Kapasitor rusak
  • Timer pengering rusak

Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung Agar Awet dan Bebas Masalah

Anda mungkin berpikir penggunaan mesin cuci 2 tabung ribet dan butuh waktu lama karena harus memindahkan cucian secara manual dari tabung pencucian ke tabung pengeringan. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Pengoperasian mesin cuci 2 tabung cukup mudah. Bahkan, proses pengeringannya bisa cepat dan optimal.

Yang pasti, bila Anda ingin masa pakai mesin cuci lebih lama, maka Anda harus rajin merawat dan membersihkannya. Dengan begitu, mesin cuci bisa awet dan digunakan lebih lama dari perkiraan usia pakainya, yaitu antara 3–5 tahun.

Yuk, ikuti cara membersihkan mesin cuci 2 tabung yang benar:

1. Bersihkan tabung setiap habis digunakan

Setiap selesai mencuci, biasanya masih ada sisa deterjen yang tertinggal di dalam tabung pencucian. Bila tidak langsung dibersihkan, residu ini bisa menempel, bahkan menimbulkan kerak dan karat pada bagian-bagian tertentu mesin cuci.

Jadi, mulai sekarang, langsung bersihkan kedua tabung setiap habis digunakan. Caranya mudah: Masukkan air baru, lalu atur mode cleaning pada mesin cuci untuk membilas sisa deterjen dan kotoran bekas cucian. Pada tabung pengeringan, cukup dilap dengan kain bersih.

2. Gunakan baking soda

Jika selama ini Sobat AQUA jarang membersihkan mesin cuci, kemungkinan besar sudah ada residu yang menempel di dalam tabung atau bagian lain. Tenang, hal ini masih bisa diatasi, kok.

Isi tabung dengan air baru hingga penuh, lalu tambahkan setengah cangkir konsentrat baking soda ke dalamnya. Nyalakan mesin cuci selama sekitar 10 menit. Bila air terlihat keruh, jangan langsung membuangnya. Diamkan air di dalam tabung selama sekitar 3 jam agar kotoran lain ikut rontok.

Untuk tabung pengeringan, Anda cukup mengelapnya dengan kain yang sudah dibasahi air larutan baking soda.

3. Gunakan pemutih

Selain menggunakan baking soda, cara membersihkan mesin cuci 2 tabung juga bisa dilakukan dengan menggunakan pemutih. Pilihan ini bisa diambil bila bagian dalam mesin cuci Anda sudah terlihat menguning.

Isi tabung pencucian dengan air hangat secukupnya, hingga bagian yang menguning terendam. Tuang cairan pemutih secukupnya, lalu nyalakan mesin cuci selama beberapa menit agar pemutih dan air bercampur merata. Setelah mesin berhenti, diamkan air di dalam tabung selama beberapa menit hingga noda kuning terangkat. Akhiri proses pembersihan dengan membilas tabung dengan air bersih.

4. Bersihkan juga penyaringnya

Bagian penyaring atau filter pada tabung juga harus rajin dibersihkan. Sebab kotoran dari proses pencucian biasanya menempel di penyaring. Cara membersihkannya mudah: Lepas penyaring, rendam dalam larutan cuka dan baking soda, bilas dengan air bersih, lalu lap hingga kering. Cukup dilakukan seminggu sekali.

Pencucian Lebih Praktis dengan Mesin Cuci Twin Tub QW-781XT yang User Friendly

Siapa bilang pakai mesin cuci 2 tabung itu ribet? Buktinya, pengoperasian mesin cuci twin tub QW-781XT persembahan AQUA Elektronik dapat dilakukan hanya dalam satu sentuhan. Ini karena twin tub QW-781XT dilengkapi fitur User Friendly.

Selain itu, ada juga fitur Fuzzy Logic yang membuat mesin cuci mampu menyesuaikan jumlah air dan waktu pencucian terhadap berat pakaian. Artinya, penggunaan air akan hemat karena disesuaikan dengan banyaknya pakaian yang akan dicuci.

Bagi Sobat AQUA yang berhijab, ada juga fitur Hijab Mode yang dapat dinyalakan untuk pencucian khusus hijab dan pakaian berbahan lembut lainnya. Jadi, Anda tak perlu cemas lagi dengan anggapan hijab dan pakaian berbahan lembut bisa rusak bila dicuci di mesin cuci. Hal itu tidak akan terjadi dengan penggunaan twin tub QW-781XT.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Official Website AQUA Elektronik untuk cari tahu fitur unggulan lain pada mesin cuci twin tub QW-781XT!

References:

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003