Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung serta Tips Memilihnya


Membahas soal peralatan elektronik rumah tangga tentu tak lengkap tanpa menyebut mesin cuci. Saat ini mesin cuci memang menjadi kebutuhan hidup bagi masyarakat modern. Aktivitas mencuci pakaian terasa lebih ringan dan praktis dengan bantuan mesin cuci. Bila ingin membeli mesin cuci dalam waktu dekat, Anda wajib mengetahui perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung secara lebih detail agar tidak salah pilih.

Mengenal 8 Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung

Perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal berikut ini:

  • Mekanisme pencucian: mesin cuci 2 tabung memiliki bak cuci dan bak pengering terpisah. Bak cuci dapat digunakan untuk proses perendaman, pencucian, dan pembilasan. Sedangkan proses pengeringan harus dilakukan pada bak pengering. Sebaliknya, mesin cuci 1 tabung hanya memiliki bak tunggal untuk mendukung seluruh proses, mulai dari perendaman, pencucian, pembilasan, hingga pengeringan.
  • Ukuran: secara garis besar, ukuran mesin cuci 2 tabung pasti lebih besar dibandingkan mesin cuci 1 tabung karena terdiri dari 2 bak terpisah.
  • Kapasitas: mesin cuci 2 tabung memiliki kapasitas bervariasi mulai dari 6,5 kg hingga 15 kg. Sedangkan mesin cuci 1 tabung dilengkapi kapasitas mulai dari 6 kg hingga 20 kg.
  • Harga: mesin cuci 2 tabung kerap dibanderol dengan harga murah berkisar antara 700 ribu hingga 2 juta rupiah. Sementara itu, harga mesin cuci 1 tabung lebih mahal pada kisaran 1 juta hingga 10 juta rupiah.
  • Fitur: harga mesin cuci 1 tabung yang terbilang mahal tentu sebanding dengan fitur-fitur di dalamnya. Mesin cuci 1 tabung biasanya dilengkapi fitur untuk mengatur level air, memilih mode pencucian berdasarkan sifat bahan, menghasilkan uap panas agar pakaian lebih higienis, dan berbagai fitur bermanfaat lainnya. Sementara itu, fitur pada mesin cuci 2 tabung lebih terbatas karena hanya terdiri dari pengaturan durasi pencucian dan durasi pengeringan serta knob pembuangan air.
  • Cara pengoperasian: proses pengoperasian mesin cuci 1 tabung lebih praktis karena Anda hanya perlu melakukan satu kali pengaturan pada tahap awal. Hal tersebut jelas berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang durasi pencucian, proses pembilasan, dan proses pengeringan mesti diatur secara manual. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan waktu untuk memindahkan baju dari bak cuci ke bak pengering kalau menggunakan mesin cuci 1 tabung.
  • Konsumsi listrik: fitur-fitur canggih pada mesin cuci 1 tabung membuat pemakaian listriknya lebih boros dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung karena saat ini hampir semua produk mesin cuci dilengkapi teknologi hemat energi, khususnya mesin cuci 1 tabung.
  • Konsumsi air: pemakaian air pada mesin cuci 1 tabung lebih hemat karena jumlah air diatur secara otomatis. Kendati demikian, aliran air ke mesin cuci tersebut harus kencang supaya proses pencucian berlangsung lancar. Sedangkan pemakaian air pada mesin cuci 2 tabung biasanya lebih boros karena diatur secara konvensional.

Tips Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Setelah menyimak ulasan tentang perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung, sebaiknya Anda juga mencermati beberapa tips ini ketika memilih mesin cuci:

  • Pilihlah mesin cuci sesuai bujet yang Anda miliki. Anda wajib menyiapkan bujet cukup besar bila membutuhkan mesin cuci berkapasitas besar yang dilengkapi fitur-fitur canggih.
  • Sesuaikan ukuran mesin cuci pilihan Anda dengan ketersediaan lahan di rumah. Bila Anda memiliki rumah berukuran luas, memilih mesin cuci 2 tabung tentu bukan masalah besar. Sebaliknya, lahan rumah yang terbatas bisa disiasati dengan memilih mesin cuci 1 tabung.
  • Cermati kebutuhan keluarga Anda. Keluarga kecil dengan anggota keluarga kurang dari 5 orang tentu tidak membutuhkan mesin cuci yang kapasitasnya terlalu besar. Sebaliknya, keluarga besar yang terdiri dari banyak orang lebih cocok menggunakan mesin cuci berkapasitas besar.
  • Kenali karakteristik aliran air di rumah. Kalau air bersih di rumah mengalir sepanjang waktu tanpa kendala, maka penggunaan mesin cuci 1 tabung adalah pilihan terbaik karena membutuhkan satu aliran air khusus. Namun, tidak demikian halnya jika aliran air di rumah Anda sering mati. Mesin cuci 2 tabung merupakan solusi paling efektif untuk menyikapi persediaan air yang kurang memadai sebab penyaluran air dilakukan secara konvensional. Anda dapat mengangkut air dari bak mandi ketika hendak menggunakan mesin cuci 2 tabung.
  • Pahami gaya hidup Anda sekeluarga. Jika Anda memiliki asisten rumah tangga atau waktu senggang untuk mencuci pakaian, mesin cuci 2 tabung adalah pilihan terbaik karena lebih hemat listrik. Sementara itu, mesin cuci 1 tabung lebih cocok bagi keluarga sibuk yang tak memiliki banyak waktu untuk mengurus cucian kotor.

Kalau Anda sudah mantap memilih mesin cuci 2 tabung, maka mesin cuci Aqua Japan Twin Tub QW-950XT adalah salah satu referensi yang tepat untuk Anda. Seri mesin cuci Aqua Japan ini dilengkapi beberapa fitur canggih, yaitu:

  • Hijab Mode: pengaturan pencucian khusus hijab dan pakaian lembut agar prosesnya berlangsung secara lembut dan menyeluruh.
  • Dynamic Soak: memudahkan kotoran agar cepat hilang serta meningkatkan performa pelembut pakaian (jika ditambahkan).
  • Air Dry Spin Lid: menarik udara dari luar untuk mempercepat proses pengeringan dan menghilangkan kelembapan pakaian.
  • Water Selector: seleksi arah air masuk dari tabung wash atau spin.
  • Knop Design Update: Blue-Chrome untuk Transparent Lid dan Blue-Black untuk Non-Transparent Lid.

Pemilihan mesin cuci yang tepat akan membuat proses mencuci berlangsung lebih praktis dan efisien. Jadi, tunggu apa lagi? Beli produknya sekarang juga!

Referensi:

  • 99.co/blog/indonesia/perbandingan-mesin-cuci-1-tabung-vs-2-tabung/
  • hot.liputan6.com/read/4369307/8-perbedaan-mesin-cuci-top-load-dan-front-load-ketahui-mana-yang-terbaik
  • momsmoney.id/news/kelebihan-dan-kekurangan-mesin-cuci-1-tabung-dan-2-tabung-wajib-tahu-sebelum-beli

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003