7 Tanda Freon AC Anda Sudah Habis

Semua peralatan elektronik harus dirawat secara intensif supaya tidak mudah rusak, termasuk Air Conditioner (AC). Perawatan AC yang tepat akan membuat AC tersebut selalu awet, dingin, dan berfungsi dengan normal. Salah satu gangguan AC yang paling sering terjadi dan harus segera diatasi adalah masalah freon AC habis. Sebelum Anda mencari tahu tanda freon habis tapi tidak bocor, sebaiknya Anda mengenali prinsip kerja freon AC terlebih dahulu agar bisa lebih sigap mengatasi masalah tersebut.

Apa Itu Freon?

Freon atau yang juga dikenal dengan istilah refrigerant-22 adalah gas chlorofluorocarbon (CFC) yang berfungsi sebagai gas pendingin untuk berbagai skala penggunaan, mulai dari rumahan hingga industri. Penggunaan freon pada AC membutuhkan komponen kompresor dan koil agar berfungsi maksimal. Kompresor berfungsi menahan freon agar suhunya menjadi sangat panas. Selanjutnya, koil akan mengubah gas panas tersebut menjadi cairan yang akan menyerap panas dari luar lalu mengubahnya menjadi udara dingin yang keluar dari komponen indoor AC. Masalah freon AC habis akan membuat AC menjadi tidak dingin, bahkan berisiko menyebabkan keracunan.

Keunggulan Freon pada AC

Hingga saat ini freon masih digunakan untuk AC karena memiliki beberapa keunggulan berikut ini.

  • Harganya relatif murah sehingga hampir semua unit AC yang beredar di pasaran menggunakan freon sebagai komponen utama.
  • Sifatnya aman dan tidak terlalu beracun meskipun penggunaannya harus tetap dilakukan secara teliti agar tidak mengenai selaput basah pada tubuh, misalnya mata.
  • Pengaplikasiannya sangat mudah dan sifatnya tak rentan terbakar.
  • Proses pendinginan yang dilakukan freon bisa dirasakan dalam waktu singkat sehingga ruangan langsung sejuk beberapa menit pasca AC dinyalakan.

Mengenal 7 Tanda Freon AC Habis

Cara mengetahui freon AC habis dapat diamati melalui beberapa tanda berikut ini:

  • Suhu ruangan tidak terasa dingin: salah satu tanda freon habis tapi tidak bocor yang paling umum adalah suhu ruangan tidak terasa dingin meskipun AC dinyalakan. Anda harus peka mengenali gejala ini supaya bisa langsung memanggil jasa servis AC untuk mengisi ulang freon.
  • Unit indoor AC mengeluarkan hawa panas: hal lainnya yang terjadi ketika freon AC habis adalah terasanya udara panas saat AC dinyalakan. Kendala ini disebabkan oleh penurunan kemampuan AC dalam menghasilkan udara sejuk karena freon berkurang drastis.
  • Pipa AC tidak dingin: selain ruangan yang tidak dingin, tanda freon AC habis berikutnya yang dapat dikenali adalah pipa AC tidak dingin. Kondisi pipa AC tidak dingin saat AC dinyalakan menandakan bahwa freon AC sudah berkurang drastis. Tanda ini juga diperparah dengan kemunculan bunga es pada pipa unit outdoor atau indoor.
  • Lampu indikator berkedip: gejala freon AC habis lainnya yang tak boleh diabaikan adalah kondisi lampu indikator berkedip. Tanda tersebut menunjukkan ada masalah pada komponen AC yang harus segera diatasi, salah satunya yaitu freon habis tapi tidak bocor.
  • Kebocoran air AC: masalah freon AC habis dapat menyebabkan pembekuan pada evaporator sehingga udara dingin tak dapat mengalir dari unit indoor AC. Jika hal ini terjadi terus-menerus, air yang membeku pada evaporator akan mulai mencair dan menyebabkan AC mengalami kebocoran.
  • Unit outdoor AC tidak menghasilkan hawa panas: kondisi unit outdoor AC akan selalu menghasilkan hawa panas ketika AC dalam keadaan normal. Hawa panas tersebut berasal dari perubahan tekanan dari rendah ke tinggi secara mendadak. Namun, hal itu tidak akan terjadi bila freon AC habis. Unit outdoor AC tidak menghasilkan hawa panas ketika freon habis karena AC tidak berhasil melakukan konversi udara. Akibatnya, komponen kipas outdoor AC hanya berputar tanpa mengeluarkan hawa panas.
  • Biaya listrik membengkak: AC yang kehabisan freon akan bekerja lebih ekstra untuk mendinginkan ruangan sehingga menggunakan daya listrik yang lebih besar. Akibatnya, biaya listrik membengkak meskipun kondisi ruangan tidak dingin. Jangan sampai hal ini terjadi berlarut-larut sehingga Anda harus melunasi tagihan listrik dalam jumlah besar. AC pun jadi rentan rusak jika freon tidak kunjung diisi ulang.

Perawatan AC terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mencucinya secara rutin setiap 3 bulan sekali dan mengamati kinerjanya secara cermat. Dengan demikian, kerusakan sekecil apa pun bisa dideteksi dan diatasi secara cepat sehingga tidak mengganggu kinerja AC. Jika Anda sudah menggunakan unit AC selama lebih dari 10 tahun dan AC tersebut mulai menunjukkan berbagai gejala kerusakan, sebaiknya Anda lekas menggantinya dengan yang baru. Produk AC baru dilengkapi berbagai teknologi canggih sehingga efektif membuat ruangan jadi sejuk dan nyaman sekaligus menghemat listrik.

Salah satu referensi produk AC terbaik yang bisa jadi pilihan Anda adalah AC Aqua Japan seri AQA-KCRV6WP. Produk Aqua Japan ini dilengkapi berbagai fitur canggih untuk memfasilitasi kebutuhan Anda, yaitu:

  • Eco Mode: 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160 watt untuk ½ pk.
  • Aqua Fresh: teknologi yang mampu membekukan evaporator dan kotoran yang menempel. Tenaga ekspansi dan hembusan kipas akan membuat kotoran hilang melalui kondensasi air es sehingga menghasilkan udara yang bersih bebas virus dan bakteri.
  • Inverter Plus: dapat mengontrol perubahan suhu secara presisi dengan penghematan listrik hingga 63%.
  • Anti Corrosion: tembaga murni berlapis blue fin untuk evaporator dan kondensor yang dapat mencegah timbulnya karat pada unit indoor maupun outdoor.
  • Hyper PCB: Papan sirkuit lolos uji ketahanan yang berat dan terbukti andal, mampu bertahan hingga 10 tahun dengan pemakaian normal.
  • Big Blade: desain kipas blower lebih Panjang dan besar sehingga mampu menghembuskan udara hingga 12 meter.

Anda berhak mendapatkan garansi kompresor 10 tahun dan garansi sparepart serta jasa selama 2 tahun jika menggunakan AC Aqua Japan AQA-KCRV6WP. Masalah AC bocor dan kendala lainnya tak akan terjadi lagi bila Anda memilih AC Aqua Japan untuk menyempurnakan kenyamanan ruangan di rumah Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003