4 Alasan Kenapa TV Tabung Tidak Lagi Populer

Jika sobat AQUA Elektronik keliling toko elektronik untuk mencari TV, kamu akan lihat pilihan TV tabung merupakan produk yang cukup langka. Padahal pada awal millennium, berbagai merk elektronik saling bersaing untuk mengeluarkan TV tabung berlayar datar. Kenapa tiba-tiba trend TV beralih ke teknologi Liquid-Crystal Display (LCD) atau Light-Emitting Diode (LED)? Padahal kualitas gambar yang dihasilkan TV tabung tetap mampu bersaing dengan teknologi TV terkini.

Alasan TV Tabung Tidak Lagi Populer

Kita akan jabarkan beberapa hal yang menyebabkan punahnya TV tabung sehingga membuka jalan untuk TV LCD/LED membanjiri pasar.

1. TV tabung terlalu besar

Teknologi yang terdapat pada TV tabung sudah cukup usang. Meskipun sempat ada opsi TV tabung yang slim, tetap saja ukuran TV-nya cukup besar dan berat. Sebuah TV tabung flat dengan ukuran layar 20 inci walau sudah menggunakan teknologi slim pun memerlukan dua orang untuk mengangkatnya, dibanding dengan TV LED dengan ukuran yang sama, beratnya paling hanya beberapa gram dan dapat diangkat dengan satu tangan.

Baca juga: Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Otomatis

2. Ukuran layar terbatas

Ternyata TV tabung tidak bisa lebih besar dari 40 inci. Ini dikarenakan sulitnya membuat kaca untuk TV tabung. Kesulitan membuat kaca layar TV tabung justru dapat memaksa harga TV-nya jadi jauh lebih mahal. Selain itu, semakin besar layar kaca TV tabung, semakin besar risiko untuk kaca tersebut pecah.

3. TV tabung boros listrik

Ternyata TV tabung mengonsumsi listrik tiga sampai empat kali lebih banyak dibanding TV LCD/LED. Selain boros listrik, TV tabung juga menghasilkan panas jika dinyalakan untuk waktu yang berkepanjangan.

Baca Juga: Tips Memilih AC Low Watt yang Tepat

4. Kualitas gambar kalah bersaing

Sekarang ini TV tidak hanya digunakan untuk menonton acara TV kesukaan, tapi juga untuk menonton film beresolusi tinggi maupun main videogame. Walau TV tabung dapat menghasilkan gambar yang tajam, tetap tidak dapat bersaing dengan kualitas layar Super HD yang telah jadi standar umum sekarang. Memaksa TV tabung untuk memutar film atau memainkan game berkualitas HD akan terasa sia-sia karena kualitasnya tidak akan terlihat.

Sekarang sobat AQUA Elektronik tahu alasan kenapa produsen elektronik lambat laun meninggalkan teknologi TV tabung yang sudah usang, mungkin ada baiknya kamu upgrade TV tabung jadul kamu agar bisa menonton TV dengan kualitas yang jauh lebih bagus.

Sebagai salah satu produsen elektronik yang terkemuka, AQUA Elektronik menyediakan beberapa macam produk smart TV yang bisa kamu pilih untuk meng-upgrade TV tabung yang kamu miliki. AQUA Elektronik juga menyediakan smart TV dalam beberapa ukuran mulai dari 32 inch sampai dengan 55 inch. Tunggu apa lagi? Yuk, upgrade TV tabung-mu dengan smart TV dari AQUA Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003